Rabu, 03 Desember 2014

Manfaat lain bumbu-bumbu dapur



Tentunya kalian telah mengenal dengan akrab bumbu-bumbu dapur yang namanya kencur, jahe, bawang  merah, jeruk nipis, merica dan sebagainya. Selain berguna untuk melezatkan setiap masakan, juga berguna untuk obat-obatan dan bahkan juga megatasi problem kecantikan. Selain mudah mendapatkannya juga sangat membantu kalian yang kantongnya pas-pasan. Dan yang penting, tidak usah khawatir karena pemakaiannya yang tak akan menimbulkan efek samping.

                Dibawah ini kalian akan ketahui cara-cara pemakaiannya. Dan satu pesan untuk kalian, jika mencobanya jangan hanya sekali atau dua kali saja, tapi sesering mungkin, jika kalian rajin dan tekun, pasti apa yang kalian harapkan akan tercapai. Semoga ini ada manfaatnya bagi kalian.

1. Jerawat
 



Bila kalian berjerawat dan telah mengobatinya dengan obat-obatan modern tapi tak berhasil juga, mungkin resep dibaawah ini ada yang cocok. Sengaja resep ini dibuat dari bahan-bahan yang berbeda, agar kalian dapat memilikinya.


  • Seduhlah sebungkus kecil daun teh dengan air yang mendidih. Uapilah wajahmu dengan air seduhan teh tersebut. Lakukanlah berulang-ulang.

  • Sebelum tidur malam, basuhlah wajahmu dengan air hangat. Kemudian gosoklah dengan buah tomat yang matang dan dibelah dua. Biarkan sampai air tomat menjadi kering. Baru keesokan paginya dibasuh dengan air hangat kembali.

      2. Rambut Rontok





Biasanya jika sehabis menyisir atau menyikat rambut ada beberapa helai rambut yang rontok. Jika sehari rambut yang rontok 80 helai, masih bisa dibiang normal. Tapi biasanya kalian sudah merasa khawatir. Dan lagi ada juga rambut yang rontok karna sehabis sakit. Dibawah ini ada beberapa macam jalan yang dapat kalian kerjakan.

  • Ambilah beberapa buah jeruk nipis, belah dan gosok-gosokan pada kulit kepala hingga rata. Setelah agak kering oleskan telur ayam pada kulit kepala hingga rata. Bungkuslah kepala dengan handuk sampai satu malam. Keesokan paginya baru dikeramasi hingga bersih. Lakukan 3x seminggu.

  • Ambilah buah kemiri yang sudah dikupas secukupnya, tumbuklah sampai halus. Masukan kemiri tumbukan kedalam tempayan dan berilah air secukupnya. Panaskan diatas api hingga kemiri itu keluar minyaknya. Usapkanlah minyak kemiri tersebut pada kulit kepala 2x seminggu. Apabila rontoknya sesudah bersalin, cucilah dengan air tanggul pisang.

  • Daun lidah buaya dibelah dan ambilah lendirnya. Oleskan pada kulit kepala hingga rata, bungkuslah dengan handuk dan diamkan semalam. Dan keesokan paginya baru dikeramasi.  

  • Ambilah 4 butir bawang merah, tumbuklah sampai halus dan bubuhilah dengan air matang secukupnya. Poleskan ramuan tersebut pada kulit kepal dan biarkan sampai 15 menit. Kemudian keramasilah sampai bersih. Ulangi beberapa kali.
 
3. Mengobati Ketombe



 
Dalam pengobatan ketombe ini yang kita perlukan bukan lagi bumbu-bumbu dapur, melainkan tanaman yang banyak dijumpai di edesaan. Tapi kalian mungkin dapatkan disekitar tempat tinggal kalian. Atau juga dapat kalian beli dipasar.

  • Daun kikim atau antahan 25 lembar ditumbuk halus, kemudian diseduh dengan air panas atau panci. Setelah airnya agak dingin, pakaikanlah untuk memebasmi kepala sampai rata. Biarkanlah selama lima menit, kemudian keramasialh seperti biasanya. Ulangi 3 kali.

  • Dua atau tjga buah mengkudu yang telah masak diremas-remas denga air secukupnya, saringlah. Keramasilah rambut kalian denga air perasan tersebut. Biarkan lima menit, keramasilah. Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap kalian dapat menggunakan shampo.

  • Rendamlah potongan-potongan kangkung semalam suntuk. Air rendaman tersebut berwarna kebiru-biruan. Keramasilah kepela kalian dengan rendaman air kangkung tersebut. Lakukan beberapa kali.

  • Belimbing wuluh beberapa buah diparut dan kemudiandisaring. Gunakanlah air perasan belimbing wuluh tersebut untu membasahi kulit kepala dan biarkan beberapa menit baru dikeramasi.

  • Ambilah sesendok cuka, campurkanlah dengan minyak kepala dan aduklah hingga rata. Keramasilah rambutmu dengan ramuan tersebut, diamkan semlaam suntuk. Keesokan harinya baru dikeramasi. Lakukan 2x seminggu.


4. Penghitam Rambut







Mungkin kalian kurang senang dengan rambut yang kemerah-merahan. Ini biasanya disebabkan karena pigmen dalam tubuhmu sedikit dan atau juga karena kalian terlalu sering kena panas matahari dan lupa mengenakan penutup kepala. Ramuan yang dapat kalian pergunakan adalah sebagai berikut :

  • Keramasilah rambutmu dengan perasan buah mengkudu yang telah disaring dan dibubuhi dengan perasan air pandan yang telah diembun-embunkan semalam suntuk. Biarkan semalam dan keesokan harinya dapat dikeramasi dengan shampo seperti biasanya.
5. Wajah Yang Berbintik-Bintik








Mungkin disebabkan karena bekas penyakit cacar air atau bekas yang ditinggalkan oleh jerawat. Bintik-bintik tersebut biasanya berwarna merah atau juga hitam. Ada lagi yang vlek-vlek coklat, tapi biasanya oleh kaum wanita yang berusia 40 tahun ke atas. Katanya sih . . . . . . waktu masih remaja seumur kalian engga doyan makan lalap daun mentah.


  • Bila kulit muka terasa kasar dan berbintik hitam, ambilah ketimun, diparut lantas diperas. Ambilah air perasan tersebut untuk mencuci muka sebelum tidur siang, dan apabila kurang puas, dapat juga ampas ketimun ditempelkan pada wajahmu. Baru sore harinya wajah-wajahmu dicuci dengan air hangat. Lakukan setiap hari.


  • Bila bekas cacar air, gosokanlah wajahmu dengan parutan jagung yang masih muda. Terutama pada bagian yang berbintik hitam. Lebih baik laukan setiap hari.


  • Dan bila wajahmu bervlek-vlek hitam atau coklat, ambilah kunyit secukupnya. Sesudah dikupas dan dicuci bersih irislah tipis-tipis kunyit tersebut dan jemurlah sampai kering sekali. cara menggunakannya, ambilah irisan kunyit tersebut secukupnya dan seduhlah dengan air panas. Apabila sudah dingin minumlah. Lakukan setiap hari.
 6. Perawatan Tubuh









Jika kalian merasa risau dan terganggu denga bau ketiak dan juga dengan bulu ketiak, yang dapat kalian lakukan :


  • Merica dan kapur barus ditumbuk halus, dibubuhi minyak tanah. Untuk ketiak yang berbau resep itu ditambahkan dengan air jeruk nipis dan air kapur sirih. Oleskan pada ketiak.



  • Apabila tumitmu terbelah dan ada garis hitamnya, ambilah labu siam atau dapat juga getah pepaya yang masih muda. Oleskan pada tumitmu dan biarkan sampai kering. Lakukan sesering mungkin.



  • Untuk mengobati betismu yang bersisik dan kering juga sela-sela jari kaki yang pecah-pecah, gosokanlah buah mengkudu yang masak pada kaki yang bersisik dan pecah-pecah. Biarkan selama 15 menit lalu cucilah dengan air hangat.




0 komentar:

Posting Komentar