Kamis, 15 Maret 2012

Air Panas Dan Air Dingin


AIR PANAS DAN AIR DINGIN
                Pada percobaan kali ini, saya akan melakukan reaksi apabila adanya pertemuan antara air panas dan air dingin. Selain itu kita juga bisa mengetahui apakah yang terdapat padaair  panas dan air  dingin, dan juga kita juga bisa mengetahui reaksi yang akan ditimbulkan oleh keduanya.

  KESIMPULAN, “Air panas mempunyai molekul-molekul yang lemah, dan air dingin mempunyai molekul-molekul yang kuat”.

                Dari kesimpulan diatas kita sudah mengetahui apa yang terkandung/terdapat pada air panas dan air dingin!, jika kalian ada yang belum mengerti tentang kesimpulan yang ada diatas. Mari kita mulai melakukan percobaan!!!


PERCOBAAN PERTAMA



Pada percobaan pertama ini saya akan menaruh kedua botol ini secara beradu atau saling menumpuk (seperti gambar diatas). Lalu, botol yang paling atas itu berisi air panas (ditandai dengan warna merah), dan botol yang bawah itu berisi air dingin (ditandai dengan warna biru). Ditengah-tengah antara hampitan kedua botol itu masih terpasang pembatas, agar kedua warna itu belum tercampur. Pada saat pembatas itu ditarik atau dicabut dari hampitan kedua botol itu, lalu akan bereaksi menjadi.............


·         Warnanya tetap dan tidak tercampur.

Mengapa bisa begitu?? Mari kita ketahui jawabannya...

Ternyata seperti yang ada dikesimpulan diatas tadi, kita sudah mengetahui bahwa molekul air panas itu lemah dibandingkan dengan molekul air dingin. Jadi, pada saat pembatas itu dilepas dari hampitan kedua botol itu, molekul-molekul yang ada pada air dingin itu sangat kuat dibandingkan dengan molekul-molekul yang ada pada air panas. Pada saat posisi air dingin itu dibawah dan air panas diatas, sehingga molekul-molekul kuat pada air dingin itu menahan datangnya molekul-molekul lemah pada air panas yang turun kebawah.

                Jadi, molekul-molekul kuat pada air dingin tersebut itu diibaratkan sebagai sistem imun atau sel darah putih yang ada didalam tubuh manusia, sel imun atau sel darah putih itu berfungsi sebagai tameng untuk menahan datangnya kuman atau bakteri jahat yang ingin menyerang tubuh manusia, dan juga molekul-molekul lemah pada air panas itu sebagai kuman atau bakteri yang ingin menyerang tubuh manusia. Karna sel darah putih pada manusia itu sangat kuat dan kuman atau bakteri jahat itu lemah (sedikit jumlahnya), jadi kuman atau bakteri yang ingin menyerang manusia itu tidak dapat masuk untuk menyerang atau menginfeksi tubuh manusia, yang akan membuat manusia itu menjadi sakit.

Karna air dingin itu mempunyai molekul-molekul yang kuat untuk menahan datangnya molekul lemah yang dimiliki oleh air panas, karna dorongan pada molekul tersebut lemah dan molekul kuat pada air dingin itu bisa menahan dengan kuat, sehingga molekul-molekul lemah pada air panas itu tertahan oleh molekul kuat yang dimiliki air dingin. Contoh gambar yang ada dibawah ini...


(adanya pertahanan kuat yang dimiliki oleh molekul kuat yang menahan molekul lemah tersebut, sehingga warnanya tidak tercampur menjadi satu)



Jadi kalian sudah mengerti tentang percobaan pertama ini kan? Bagus lah kalau begitu. Tapi tunggu dulu, karna masih ada percobaan yang kedua. Mari kita mengetahuinya bersama.



PERCOBAAN KEDUA


Pada percobaan kedua ini, saya akan menaruh kedua botol ini secara beradu atau saling menumpuk (seperti gambar diatas). Lalu, botol yang paling atas itu berisi air dingin (ditandai dengan warna biru), dan botol yang bawah itu berisi air panas (ditandai dengan warna merah). Ditengah-tengah antara hampitan kedua botol itu masih terpasang pembatas, agar kedua warna itu belum tercampur. Pada saat pembatas itu ditarik atau dicabut dari hampitan kedua botol itu, lalu akan bereaksi menjadi.............


·         Warnanya tercampur sempurna dan berubah warna.

Mengapa bisa begitu?? Mari kita mengetahui jawabannya...

Ternyata seperti yang ada dikesimpulan diatas tadi, kita sudah mengetahui bahwa molekul air panas itu lemah dibandingkan dengan molekul air dingin. Jadi, pada saat pembatas itu dilepas dari hampitan kedua botol itu,  molekul-molekul yang ada pada air dingin itu sangat kuat dibandingkan dengan molekul-molekul yang ada pada air panas. Pada saat posisi air dingin itu diatas dan air panas dibawah, sehingga molekul-molekul kuat pada air dingin itu turun kebawah dengan dorongan yang sangat kuat, sehingga molekul-molekul lemah itu tidak bisa menahan datangnya molul kuat tersebut. Akibatnya adalah, pada saat molekul lemah itu tidak bisa bisa menahan turunnya molekul kuat itu dengan dorongan yang kuat, akhirnya tercampurlah warna tersebut. Itulah yang menyebabkan tercampurnya warna pada percobaan kedua.

Jadi, molekul-molekul lemah pada air panas tersebut itu diibaratkan sebagai sistem imun atau sel darah putih yang ada didalam tubuh manusia yang sangat lemah, dan juga molekul-molekul kuat pada air dingin itu sebagai kuman atau bakteri yang ingin menyerang tubuh manusia. Karna sel darah putih pada manusia itu sangat lemah dan kuman atau bakteri jahat itu sangat kuat (banyak jumlahnya), jadi kuman atau bakteri itu masuk semuanya dan menginfeksi seluruh bagian tubuh manusia tersebut, karna sel darah putih tersebut lemah atau jumlahnya sedikit karna banyaknya sel darah putih yang mati akibat penyakit AIDS. Dan akhirnya, manusia itu menjadi sakit.

Karna air panas itu mempunyai molekul-molekul yang lemah untuk menahan datangnya molekul kuat yang dimiliki oleh air dingin, karna dorongan pada molekul tersebut kuat dan molekul lemah pada air panas itu tidak bisa menahan dengan kuat datangnya molekul kuat tersebut, sehingga molekul-molekul lemah pada air panas itu tidak bisa menahan datangnya molekul kuat yang dimiliki oleh air dingin. Lalu, tercampurlah. Contoh gambar yang ada dibawah ini...



(terlihat jelas pada gambar pertama yang ada diatas dan gambar kedua yang ada diatas, warna merah itu tercampur sempurna oleh warna biru)


Jadi kalian sudah mengerti pada percobaan “Air panas dan air dingin” dan bereaksi menjadi apa. Semoga percobaan ini bermanfaat untuk kalian semua dan juga sebagai sumber motivasi untuk membuat karya-karya yang lebih bagus dan berguna untuk bangsa dan negara.

By :  Adi Mukti Wicaksono

0 komentar:

Posting Komentar